Minggu, 01 Februari 2009

West Australia


Australia Barat adalah negara bagian terbesar di Australia. Mencakupi sepertiga luas wilayah Australia, negara bagian ini berbatasan dengan Australia Selatan dan Teritori Utara. Ibu kotanya ialah Perth. Australia Barat merupakan entitas subnasional terbesar kedua di dunia setelah Sakha, Rusia.

Selama abad ke 17 dan ke 18 pantai barat Australia mendapat banyak kunjungan pelaut-pelaut Belanda dalam pelayaran mereka dari dank e Indonesia terutama setelah pelayaran Bruwer, pet Ingris yang pertama sekali mengunjungi daerah ini adalah William Dampier. Dua kali dampier mengunjungi daerah ini yang pertama dengan kapal Cygnet mendarat di Bucacaneers Archilago dan dengan kapal Roebuck mendarat di Shark Bay. Sampai pada saat itu. Baik belanda maupun Inggris belum berniat menduduki daerah tersebut

Dalam abad ke 18 ekspedisi penyelidikan ilamiah Francis di bawah pimpinan Budin, melakukan penyelidikan dan pemetaan terhadap banyak pantai bagian barat pantai Australia, hal ini segera direspon oleh Inggris dengan segera mengambil tindakan pengiriman pasukan ke albani dibawah mayor Lockyer atas perintah gubernur New South Wales Darling tahun 1827.

Pada tahun itu juga James Stirling, dengan menggunakan kapal H M S Success menyelidiki daerah Swan Rivers, ternyata Stirling sangat tertarik dengan apa yang dilihatnya, lebih-lebih karma ahli botani yang menyertainya, Fraser, memberikan gambaran yang bersemangat tentang keindahan sungai dan kebaikan tanahnya. Stirling mengatakan daerah itulah yang paling menarik dari seluruh daerah yang pernah dilihatnya. Menurut dia daerah Swan River memenuhi segala persaratan sebagai tempat pemukiman.

Gubernur Darling sangat menginginkan agar daerah tersebut segera dibuka koloni. Berdasarkan laporan dari Stirling, Darling berpendapat kemungkinan pemukiman di Swan River jauh lebih menjanjikan dari pada di daerah Albani. Atas dasr itu darling mengirim Stirling ke Inggris supaya memberikan laporan mengenai daerah Swan River supaya diduduki, namun pada saat itu keninginnan untuk membuka koloni disana tidak mendapatkan respon dari pemerintah dengan alas an biaya.

Gagal mendapat dukungan pemerintah Stirling mencoba mendekati para pemilik modal, ia berhasil, dan diputuskan tidak akan membawa narapidana, akantetapi para pekerja bebas. Koloni yang dibuka bukan convicts settlement tapi tempat investasi modal.

Peel adalah tokoh utama dalam rencana pembukaan tersebut, bersama kongsinya ia akan mempersiapkan 10.000 imigran ke Swan River. Ia menghinvestasikan ₤ 300. 000 dan meminta agar pemerintah memberikan tanah dengan perhitungan 1 acre untuk setiap 1 s. 6 d. untuk membuka koloni tersebut. Jika keinginan ini terpenuhi berarti pemerintah harus menyiapkan tanah seluas 4. 000. 000 acre. Akan tetapi pemerintah hanya menyediakan seperempat dari jumlah yang diminta. Setiap imigran akan mem[peroleh satu blok tanah seluas 40 acre untuk setiap ₤ 3 yang dipergunakan untuk mengolah tanah sebagai investasi, maka kemudian tanah tersebut akan menjadi hak miliknya. Sindikat Peel tidak menerima penawaran pemerintah, walaupun secara pribadi Peel menerimanya. Dan menginvestasikan uangnya sebesar ₤ 50. 000. ia menyewa kapal dan membawa 3000 pekerja.

Rombongan pertama tiba pada tahun 1829 dan mendarat di kota Fremantle dan ditunuk Stirling sebagai gubernur. Mereka bergerak kedaerah utara dan menetap di daerah Perth. Dari sisilah awal perkembangan Australia Barat.

Setelah rombongan pertama , menyusul rombongan berikutnya, yang dalam waktu 6 bulan sudah tercatat 1.300 penduduk dipemukiman tersebut bersama dengan bintang ternak dan benih pertanian. Lebih dati stengah juta acre telah dibagikan, tapi sedikit yng dijadikan lahan pertanian, tidak juga seluruh tanah itu di duduki atau dihini, disini awal dari permasalahannya

  • Kurangnya lahan yang baik
  • Ketidak adilan dalam pembagian tanah
  • Kekeliruan dari para imigran mengenai investasi pembukaan koloni tersebut
  • Kurangnya dan mahalnya tenaga kerja
  • Imigran yang dating tidak untuk bertani dan berternak tapi bertujuan menjual tanahnya kembali

Kondisi diatas menyebabkan banyak pihak yang menyatakan bahwa misi Peel gagal, gambaran awal koloni tersebut dapat direkfleksikan oleh perkembangan penduduk sapi tahun 1832. penduduk yang berjumlah 1.300 dalam tahun 1829 berkembang menjadi 1.500 pada tahun 1832. walaupu terpuruk koloni tersebut tidak mati. Stirling yang menjabat sampai 1838 berusaha meningkatkan eksplorasi untuk mendapatkan tanah-tanah yang baik untuk pertenakan dan pertanian. Secara lambat koloni itu berkembang. Tahun 1840 ternak mencapai jumlah 30. 000 ekor, jumlah penduduk meningkat menjadi 2.350 orang . namun tahun 1842 terjadi kejuatan ketika pemerintan Inggris mengeluartkan satu peraturan mengenai penjualan tanah yang tidak akan dijual dibawah harga ₤ I per acre yang berlaku disemua koloni. Peraturan ini menghambat para imigaran iuntuk dating ke Australia Barat karena lebih beranggapan pergi ke koloni lain yang kondisi tanahnya lebih baik. Akibatnya kekurangan pemasukan dan pengankutan imigran menjadi terhambat.

Pada kahirnya Australia Barat mengambil langkah yang berani. Tahun 1848 gubernur baru Charles Fitzgerald berencana untuk mendatangkan narapidan dfan ia betrkonsultasi bersama para tokoh utama penduduk bebas. Ia berusaha meneliti kemungkinan pelaksanaan rencana itu. Awl tahun 1849 diadakan rapat umum di Perth dan disetujui suatu resolusi kepada pemerintah Inggris untuk menjadikan Australia Barat sebagai tempat mentransportasikan narapidana. Pemerintah menyetujui dan tiba rombongan pertama juni 1850 pada saat yang sama koloni lainnya sudah menolak narapidana kecuali Tasmania

Memang pada kasus koloni lain memperlihatkan bahwa system narapidana menimbulkan berbagai komplikasi. Namaun karena desakan kebutuhan tenaga kerja resiko itu dioambil, bhkan ketika Tasmania pada thun 1852 meninggalkan system narapidana Australia Barat masih melanjutkannya, satu hal yang harus diingat dalam sisitem ini pengiriman narapidana harus diimbangi dengan poemiriman imigran bebas. Kedatangan narapidana ini tepat sekali waktunya karena bayak penduduk meninggalkan koloni itu karena terbawa arus gold rush ke New South Wales dan Victoria.

Austrlia Barat menerima narapidana sampai tahun 1868. selama 18 tahun tersebut tercatat kemajuan yang baik seperti kenaikan jumlah penduduk dan hasil perternakan sampi mencapai lima kali lipat, tanah semakin luas dan meningkatnya hasil ekspor. Mulai dibangunnya pasilitas umum.

Dalam menelaah perkembangan Australia Barat perlu juga didasari besarnya jasa-jasa para penjelajah yang berhasil membuka daerah pedalaman Australia Barat seperti Gregory bersaudara, Forrest bersaudara, Ernest Giles, para penjelajah inilah yang memperkenalkan kepada para imigran daerah pedalam. Kondisi daerah pedalam yang gersang menyebabkan mulanya koloni init erasing dari koloni lainnya, namun keterasingan itu secara berangsur mulai hilang setelah pembngunan pasilitas transportasi dan komunikasi yang menghubungkan dengan koloni lain

Demikianlah Australia Barat berkembang sangat lambat. Koloni yang tadinya tidak menghendaki convict system akhirnya menjadi koloni yang terakhir meninggalkan system itu. Koloni ini juga yang terakhir melaksanakan pemerintahan sendiri yang ditawarkan oleh pemerintah berdasrkan Australian Colonies Act tahun 1850. austrlia Barat baru melaksanakannya tahun 1890.

Kemajuan Australia Barat kemudian ditentukn juga oleh ditemukannya emas di Coolgardie dan kalgoorlie yang menyedot banyak pendatang untuk tinggal dan mengembangkan daerah ini.